Seberapa Pentingkah Dream Book untuk Mencapai Goal Anda?


Setiap orang pasti pernah memiliki mimpi, baik mimpi ketika masih kecil atau mimpi ketika sudah dewasa. Banyak tokoh pula yang menginspirasi banyak orang melalui mimpi-mimpi mereka dan mengajak orang lain untuk jangan takut bermimpi. Tak ada salahnya memang untuk memiliki mimpi atau cita-cita, karena mimpi adalah inspirasi untuk terus maju dan berkembang.

Banyak pesohor di dunia ini yang berhasil meraih cita-cita karena berani memiliki mimpi yang besar dan berusaha untuk bisa menggapainya. Tentu saja untuk mencapai cita-cita dan mimpi yang ingin dicapai harus berusaha sekuat tenaga, mulai dari sekolah hingga terus berdoa kepada Tuhan. Bukan berarti hanya berdiam diri menunggu tanpa melakukan apa-apa dan berharap mimpi bisa tercapai.

Mewujudkan mimpi bukan hanya diusahakan melalui tindakan nyata seperti rajin sekolah dan berdoa kepada Tuhan, namun juga harus diimbangi dengan motivasi yang kuat dari diri sendiri. Kecerdasan emosional ini harus dipupuk setiap hari supaya semangat untuk bisa menggapai mimpi bisa terus tersemai di bawah alam sadar.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar semangat untuk meraih mimpi bisa terus tersemai di dalam hati, salah satunya adalah dengan menuliskan mimpi-mimpi tersebut agar bisa terus diingat. Dream book merupakan salah satu cara yang saat ini sedang populer dilakukan agar mimpi terus bisa diingat dan disemai dalam diri seseorang. Apa itu dream book?

Dream book atau buku mimpi merupakan kumpulan tulisan yang menggambarkan mimpi-mimpi apa saja yang dingin dicapai oleh seseorang. Dream book ini memang terlihat sederhana, namun memiliki arti yang mendalam bagi banyak orang yang memang serius ingin mencapai mimpinya.

1. Kekuatan Emosional

Menulis memang telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan emosional di dalam diri seseorang. Saat menuliskan setiap kata dalam Dream Book, kata-kata tersebut dapat meningkatkan keyakinan seseorang bahwa mimpinya suatu saat pasti akan tercapai. Ketika semangat dalam usaha mewujudkan mimpi tersebut mulai pudar, dengan melihat tulisan dari mimpi-mimpi yang pernah ditulis dapat membangkitkan kembali semangat yang sempat meredup.

2. Pengingat

Manusia tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di dalam hidupnya kemudian hari, walaupun hanya beberapa detik saja. Manusia memang boleh berencana namun tetap Tuhan yang menentukan. Mungkin setiap orang memiliki mimpi yang sangat ingin dicapai, entah mimpi membeli rumah, mobil, pergi ke luar negeri atau ingin melanjutkan pendidikan. Namun, kadang kala manusia diuji dengan ujian yang tidak diduga sehingga harus menunda terlebih dahulu mimpi yang sudah diimpikannya sejak lama.

Walau begitu, mimpi tetap tak boleh pupus. Boleh jadi, Tuhan sedang mempersiapkan waktu yang tepat untuk mimpinya bisa terwujud dengan mendatangkan ujian terlebih dahulu. Salah satu cara agar mimpi terus diingat dan semangat untuk mewujudkan mimpi tersebut terus bergelora adalah dengan menuliskannya di dalam Dream Book. Walaupun ada rintangan yang menghadang, dengan menuliskan mimpi, tetap saja mimpi tersebut dapat terus diingat dan diusahakan.

3. Meningkatkan Kepercayaan kepada Tuhan

Tuhan adalah posisi paling tinggi dari kehidupan manusia, tak ada yang bisa mendahului kehendak Tuhan dan hanya Tuhan lah penentu dari seluruh keinginan manusia. Manusia ditugaskan untuk selalu yakin akan rencana baik dan yang terbaik dari Tuhan.

Menuliskan mimpi di dalam Dream Book dapat menjadi wujud dari keyakinan manusia pada keinginan dan mimpi-mimpinya, yakin bahwa suatu saat Tuhan akan mengabulkan doa dan mimpi-mimpi yang menjadi harapan. Menuliskan mimpi di Dream Book dapat menjadi perwujudan dari doa seorang manusia kepada Tuhan-nya, dan yakin bahwa ada kekuatan lain selain usaha dari manusia yang akan membantu mimpi-mimpi tersebut dapat terwujud.

Banyak orang yang memiliki mimpi tapi mudah melupakan, karena mimpi tersebut tidak dituliskan dalam suatu media yang dapat dilihat dan diingat setiap waktu. Akibat dari berbagai macam tuntutan hidup, banyak orang yang memiliki mimpi kemudian lupa akan mimpi yang pernah dimilikinya dan lebih memilih untuk memenuhi tuntutan hidup tersebut.

Ada juga orang yang memiliki mimpi namun kemudian meninggalkan mimpinya menjadi hanya sekedar mimpi karena mimpinya tak dilihatnya setiap hari, hanya menjadi sebatas angan-angan. Itulah fungsi dari Dream Book yang bisa menjadi pengingat, penyemangat, dan meningkatkan kepercayaan pada Tuhan, juga pada diri sendiri bahwa mimpi tersebut suatu hari bisa terwujud.

Postingan populer dari blog ini

5 Website Bermanfaat untuk Belajar Bisnis Bagi Pemula