Tips Mendapat IPK Diatas 3.5: Serius Nih Baca Sob!

Tips Mendapat IPK Diatas 3.5: Serius Nih Baca Sob!

Pasti membahagiakan ya jika kita bisa mendapatkan IPK di atas 3.5 alias cumlaude. Bayangkan betapa bahagianya orang tua kita saat nama kita dipanggil pada acara wisuda dan diumumkan cumlaude. Untuk mencapainya, kita harus kerja keras sob! Adapun tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat IPK mu meningkat adalah sebagai berikut.

1. Mencatat saat kuliah

Berdasarkan pengalaman, mencatat saat kuliah dapat meningkatkan IPK mu sob! Hal ini sudah terbukti lho. Walaupun tidak semuanya, tetapi kamu bisa perhatikan, biasanya teman kuliah mu yang catatannya sering dipinjam untuk difotokopi menjelang ujian memiliki IPK yang tinggi. Sekali lagi ini tidak berlalu bagi semua orang.

Beberapa temanmu yang jenius kadang hanya tidur di kelas dan kemudian bisa mengerjakan ujian dengan sempurna. Tetapi itu tidak boleh dicontoh, kecuali jika kamu juga jenius seperti mereka. Bagi kita yang butuh belajar keras, mencatat adalah hal yang sangat baik. Trik mencatat yang baik yang benar pun diperlukan agar catatan mu efisien dan enak dibaca. Pertama, hindari mencatat slide show.

Hal in karena slide show nantinya akan kamu dapatkan dalam bentuk soft file setelah kuliah berakhir, bahkan, ada juga dosen yang sudah memberikan soft file jauh hari sebelumnya. Kedua, catat hal penting yang dikatakan dosen atau yang ditulis dosen di papan tulis. Biasanya, apa yang dosen paparkan di kelas dan tidak ada di slide show justru yang keluar saat ujian.

2. Kerjakan tugas tepat waktu se-perfect mungkin

Nah, selain ujian, penilaian juga tergantung dari tugas nih sob! Jadi, jangan sampai kamu menyepelekan tugas dengan mengumpulkan tugas asal-asalan, tidak tepat waktu, atau bahkan tidak dikerjakan. Hasilnya bisa jadi mengerikan lho! Dalam sistem penilaian, biasanya ada pembagian bobot nilai.

Ada bobot nilai untuk UTS, UAS, tugas, dan praktikum jika ada. Bobotnya bisa sama rata atau disesuaikan dengan aturan tiap universitas. Oleh karenanya, mengerjakan ujian dengan sempurna bisa menjadi booster dan menutup nilai ujian mu yang kurang bagus.

3. Kumpulkan materi dosen

Walaupun catatanmu sangat baik dan perfect, kamu tetap harus mengumpulkan materi dari dosen sebagai antisipasi. Bisa jadi catatan kita kurang lengkap. Materi yang diberikan dosen juga sangat berguna dan bermanfaat untuk dipelajari sebelum ujian.

4. Minta soal ujian tahun lalu

Berdasarkan pengalaman, soal dosen tahun lalu sedikit banyak dapat membantu kita dalam belajar sebelum ujian. Kita tidak tahu bagaimana model dosen dalam membuat soal. Ada yang sangat text book, ada yang menyukai pendapat, ada pula yang menyukai soal analisis.

Untuk itu, kita perlu menganalisa dan memperkirakan soal macam apa yang bakal keluar saat ujian. Nah, di sini peran soal tahun lalu sangat penting. Kita bisa jadikan soal tahun lalu sebagai bahan belajar dan mengamati model soal seperti apa yang biasanya dikeluarkan oleh dosen. Kita pun dapat belajar dengan tepat.

5. No bolos dan titip absen

Bolos untuk kegiatan yang tidak bermanfaat sebaiknya dihindari. Hal ini karena bukan absensi full saja yang dibutuhkan, tetapi juga transfer ilmu yang terjadi saat di kelas. Jadi percayalah sobat, berangkat kuliah dengan rajin dan semua usahamu akan terbayar.

6. Nyontek? Ga level!

Dosen akan sangat paham tipe-tipe anak yang nyontek. Percaya atau tidak, dosen juga pernah menjadi mahasiswa, pernah melihat berbagai metode menyontek yang dilakukan mahasiswa. Jadi, kerjakan dengan jujur dan tunjukan usaha mu dalam mengerjakan soal ujian dan tugas yang diberikan.

7. Mencari tipe belajar yang sesuai

Hal yang paling penting adalah mencari metode belajar yang tepat. Kamu tidak akan berhasil dalam belajar jika kamu menggunakan metode yang tidak tepat. Temukan metode belajar mu sendiri. Ada sebagian teman yang suka belajar berkelompok, ada juga yang suka belajar dalam diam di pojokan, ada yang suka belajar sambil membaca keras-keras apa yang dipelajarinya, ada yang suka menulis ulang, ada juga yang suka mengerjakan soal. Cari metode belajarmu sendiri dan jangan asal ikutan teman agar belajar mu efektif.

Itu tadi tips yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa mendapatkan IPK yang fantastis. Semoga impian sobat mendapat IPK di atas 3.5 dapat tercapai.

Postingan populer dari blog ini

5 Website Bermanfaat untuk Belajar Bisnis Bagi Pemula