4 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mencoba “Ngontrak” di Apartemen

Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mencoba “Ngontrak” di Apartemen

Apartemen kini sudah menjadi salah satu tempat tinggal baru yang berkembang di Indonesia. Di kota besar, apartemen mulai menjadi pilihan banyak orang untuk tinggal. Hal ini karena apartemen yang berdiri di Indonesia memiliki banyak kemewahan yang tidak dapat dirasakan jika tinggal di rumah.

Kemewahan pertama adalah tingkat keamanannya yang terjamin dengan CCTV yang tersedia di setiap sudut dan kunci keamanan pintu apartemen yang mengadaptasi teknologi canggih.

Kemewahan yang kedua adalah fasilitas yang lengkap, mulai dari fasilitas primer seperti air bersih yang dapat langsung diminum, sampai dengan berbagai hal lainnya. Tidak heran, banyak orang yang kini tertarik untuk tinggal di apartemen.

Tinggal di apartemen tidak harus memiliki apartemen tersebut, Anda dapat melakukan sewa apartemen jika ingin sekadar merasakan kenikmatan tinggal di tempat yang nyaman dan dekat dengan pusat kota. Namun, jangan terburu-buru tertarik dengan kemewahan apartemen.

Bagi Anda yang ingin “ngontrak” di apartemen, Anda harus memikirkan pertimbangannya terlebih dahulu. Berikut adalah 4 hal penting yang harus Anda ketahui dan Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan “ngontrak” di apartemen.

1. Biaya lain

Saat Anda ingin tinggal di apartemen, Anda harus aware dengan biaya lain yang harus Anda bayarkan selain biaya sewa yang dibayarkan per bulan atau per tahun sesuai kontrak. Biaya yang dimaksud adalah biaya maintenance yang akan dikenakan pada si penyewa.

Adapun biaya maintenance tersebut misalnya saja adalah biaya pemeliharaan gedung, biaya kebersihan gedung, biaya keamanan, dan sebagainya. Biasanya, biaya tersebut tidak include dalam biaya sewa. Satu hal yang terkadang membuat kita merugi adalah biaya maintenance yang kerap dinaikan oleh pengelola apartemen tanpa ada kejelasan untuk apa biaya maintenance tersebut dinaikan.

Sebaiknya, Anda tanyakan terlebih dahulu pada orang yang pernah tinggal di apartemen tersebut mengenai besaran harga maintenance dan berapa kenaikannya setiap tahun.

2. Fully furnished dan non furnished

Apartemen yang ada di pasaran dapat dibagi menjadi dua berdasarkan keberadaan furnitur. Ada apartemen kosong atau non furnished, ada pula apartemen yang sudah memiliki perabot yang lengkap atau fully furnished.

Pemilihan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bagi Anda yang ingin dengan bebas mendesain apartemen Anda, menyewa apartemen kosong dapat menjadi pilihan. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak seperti rumah biasa yang dapat dengan mudah kita modifikasi, apartemen memiliki ruang yang terbatas dan tidak dapat kita modifikasi dengan mudah. Apartemen yang tidak terlalu luas membuat kita kesulitan memilih perabot seperti apa yang pas.

Jika Anda memang ingin menyewa apartemen kosong, lebih baik Anda menyewa jasa desain interior agar perabotan yang ada dapat disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda tidak mau ribet memilah perabot, Anda dapat memilih apartemen yang sudah fully furnished. Pilihan ini sangat baik, Anda hanya perlu membawa diri saja dan dapat langsung tinggal di apartemen yang Anda sewa.

3. Akses transportasi dan jalan keluar

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui adalah ketersediaan akses transportasi dan jalan keluar. Tentunya memilih “ngontrak” di apartemen tidak hanya karena apartemen memiliki fasilitas yang lengkap saja.

Keputusan sewa apartemen juga sangat bergantung dengan ketersediaan sara transportasi dan kelancaran lalu lintas. Akan sangat merugikan jika kita memilih apartemen yang berada di pusat kota, namun, memiliki arus lalu lintas yang sangat padat. Kita tentunya tidak mau jika setiap kali kita ingin keluar apartemen, kita dihadapkan dengan macet yang mengular.

Biasanya, apartemen yang baik memiliki akses lalu lintas yang mudah dan lancar, misalnya memiliki jalan yang langsung terhubung ke tol, dan sebagainya.

4. Surat perjanjian

Hal terakhir yang harus Anda ketahui sebelum “ngontrak” di apartemen adalah memahami surat perjanjian. Hal ini menjadi sangat penting karena di surat perjanjian lah kesepakatan antara penyewa dan pemilik apartemen mencapai keputusan final. Isi surat perjanjian termasuk masalah pertanggungjawaban jika terjadi kerusakan, jatuh tempo pembayaran sewa, dan sebagainya.

Itu tadi hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk “ngontrak” apartemen. Semoga bermanfaat!

Postingan populer dari blog ini

Apakah Jurusan Kuliah Menentukan Gaji Masa Depan?