Tips Hemat Traveling: Jangan Segala Dibawa Gan!

Tips Hemat Traveling: Jangan Segala Dibawa Gan!

Negeri kita tercinta ini memang punya banyak musim, selain musim durian yang bikin heboh banyak orang, musim liburan jadi salah satu musim yang ditunggu. Sebelum musim liburan datang menjemput, ada baiknya agan mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangannya. Kata orang, persiapan yang baik akan menghasilkan hal yang baik pula.

Nah, persiapan yang dilakukan tidak melulu merencana kemana destinasi liburan kita kali ini, persiapan juga harus dibuat sedemikian rupa agar bisa hemat. Liburan seru yang hemat dapat dilakukan dengan melakukan liburan ala backpacker.

Jangan salah sangka, liburan ala backpacker tidak akan membuat agan sengsara asalkan agan mengikuti tips berikut ini. Dijamin deh, agan bisa liburan riang gembira dengan hemat.

Namanya Juga Ala Backpacker, Jadi Pakai Backpack Dong

Hal pertama yang harus agan lakukan untuk liburan hemat ala backpacker pastinya menyiapkan backpack. Ada keistimewaan backpack yang tidak dapat dimiliki oleh tas pakaian lain macam koper. Keistimewaan tersebut bisa agan dapatkan jika agan liburan naik pesawat.

Backpack dengan ukuran tertentu bisa dibawa ke kabin sehingga kita tidak memerlukan biaya bagasi. Tiket perjalanan dengan pesawat pun akan semakin murah. Apalagi jika agan berencana melakukan short trip keluar negeri, pakai backpack bisa sangat menghemat biaya bagasi yang kadang mahal abis. Banyak orang yang merasa tidak nyaman menggunakan backpack karena terkesan sempit dan tidak muat banyak.

Jika agan juga berpendapat sama, berarti agan belum tahu tips berkemas ala backpacker. Saat liburan, kita memang perlu membawa banyak hal sebagai persiapan, tetapi, tidak semua barang harus dibawa. Nah, berikut adalah cara berkemas ala backpack agar semua barang penting dapat masuk semua.

1. Tips yang pertama adalah membawa perlengkapan dalam ukuran kecil, karena ukuran sangat berpengaruh. Jika Anda perlu membawa perlengkapan mandi, pilih perlengkapan mandi dengan ukuran mini, misalnya sikat gigi lipat, pasta gigi ukuran 5 gr, handuk kecil, sabun mandi dalam botol kecil, dan sebagainya.

2. Tips yang kedua adalah menggunakan travelling clothes organizer yang berupa pouch, biasanya berbentuk kotak. Pouch tersebut dapat diisi 2 atau lebih pakaian sesuai dengan ukuran. Gulung pakaian agar dapat disusun dengan lebih rapi dan padat. Pilih baju yang nyaman dan tidak makan tempat.

3. Tips yang ketiga adalah memberi prioritas dengan membuat list. Ada barang yang wajib dibawa seperti charger, powerbank, kamera, smartphone, obat pribadi, dan sebagainya. Prioritaskan barang tersebut dan letakkan pada daerah yang mudah terjangkau. Jangan sampai barang penting tersebut tertinggal karena sibuk mencari outfit yang tepat.

4. Tips yang keempat adalah menempatkan barang yang sering diakses pada bagian yang mudah dijangkau. Barang yang sering dipakai misalnya adalah dompet, smartphone, kamera, dan sebagainya. Jika perlu, agan bisa membawa tas tambahan yang dislempang ke depan agar akses ke barang-barang penting tersebut dapat lebih cepat. Pilih yang kecil saja, agar lebih efisien.

5. Tips terakhir adalah menyisakan ruang untuk menempatkan oleh-oleh. Ya, liburan tanpa oleh-oleh itu bagai sayur kurang garam, rasa-rasanya jadi kurang greget. Nah, memberi ruang untuk oleh-oleh membuat agan lebih hemat karena agan tidak perlu membeli tas tambahan di tempat wisata yang agan datangi. Pilih oleh-oleh yang tidak makan tempat namun bermakna mendalam. Hal tersebut akan jauh lebih menghemat tempat.

Beli Tiket Dan Reservasi Hotel Jauh Hari

Cara liburan hemat selanjutnya adalah dengan melakukan reservasi jauh-jauh hari. Harga tiket penerbangan yang dibeli jauh hari akan lebih murah dibandingkan saat mendekati penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan bahkan memberikan promo menarik untuk pemesanan tiket di awal waktu.

Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan baik. Reservasi hotel juga akan lebih hemat jika Anda siapkan jauh hari. Agan tidak perlu menggunakan hotel yang mewah. Sejatinya, hal yang penting bukanlah kemewahan, melainkan kenyamanan.

Bagaimana? Sudah siapkah agan liburan hemat dengan backpack Anda? Persiapkan dari sekarang agar liburan semakin sempurna. Jangan lupa perhatikan anggaran yang tersedia agar tidak kelewat batas. Selamat berlibur!

Postingan populer dari blog ini

5 Website Bermanfaat untuk Belajar Bisnis Bagi Pemula